PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN LOKAL UNTUK PERBAIKAN GIZI IBU HAMIL KEK DAN BALITA GIZI KURANG

11 Juli 2024 21:06:27 WITA

Status gizi yang baik merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pembangunan kesehatan yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari salah satu faktor kenaikan status desa.

Gangguan tumbuh kembang pada bayi dan anak usia di bawah 2 tahun (baduta) perlu mendapat perhatian serius, karena usia di bawah dua tahun merupakan masa yang amat penting sekaligus masa kritis dalam proses tumbuh kembang anak baik fisik maupun kecerdasan. Selain itu ibu hamil yang kekurangan gizi atau dengan kondisi Kurang Energi Kronis (KEK) juga akan berdampak pada pertumbuhan dan kesehatan janin dalam kandungan dan bayi yang akan dilahirkannya.

Selain pemantauan kesehatan melalui Posyandu yang diselenggarakan secara rutin, Pemberian makanan tambahan lokal bagi ibu hamil dan balita merupakan salah satu strategi dalam mengatasi masalah gizi. Makanan Tambahan lokal merupakan bahan makanan yang berasal dari bahan pangan atau makanan yang tersedia dan mudah diperoleh di wilayah setempat dengan harga yang terjangkau. 

Tim pelaksana kegiatan Pemberian Makanan Tambahan Lokal Bagi Ibu Hamil dan Balita berasal dari Bidan Desa, KPM Desa, Ketua TP-PKK Desa dan kader posyandu yang sudah mendapat pelatihan serta bersinergi dengan Puskesmas Kubutambahan 1. Pemberian Makanan Tambahan Lokal sudah mulai dilaksanakan di Desa Bulian pada tanggal 11 Juli 2024 dengan sasaran sebagai berikut : 8 orang Ibu hamil dengan kondisi KEK ( Kekurangan Energi Kronis ) dan 3 balita gizi Kurang. Kegiatan dilaksanakan selama 3 bulan untuk bumil dan 2 bulan untuk balita dengan sumber anggaran DAK BOK Puskesmas Kubutambahan 1 th 2024.

Menu yang diberikan berupa 1 menu makan siang dengan kandungan zat gizi yang sesuai untuk diberikan kepada ibu hamil juga balita gizi kurang.

Pemantauan dilakukan secara bertahap oleh Bidan Desa dengan pencatatan dan pelaporan kepada pihak Puskesmas Kubutambahan 1.

Adapun Menu Ibu Hamil pada hari Pertama

  • Roti goreng dengan isi sayur dan daging ayam cincang
  • air mineral
  • buah jeruk

Menu Balita hari pertama

  • Fish egg roll
  • air mineral
  • buah melon.

 

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, Pemerintah Desa Bulian berharap dapat menekan jumlah balita gizi kurang dan ibu hamil KEK untuk generasi emas masa depan, disisi lain status Desa Mandiri tetap bisa dipertahankan.

Komentar atas PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN LOKAL UNTUK PERBAIKAN GIZI IBU HAMIL KEK DAN BALITA GIZI KURANG

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bulian

tampilkan dalam peta lebih besar