Dinas Pengendalian Penduduk Adakan Gerakan Sayang Ibu & Bayi ( GSI - B )

Kadek Gita Anggarini 21 Agustus 2019 11:37:19 WITA

(Bulian, 21 agustus 2019) 

Dinas PPKBPP - PA ( Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ) menyelenggarakan Sosialisasi Gerakan Sayang Ibu ( GSI ) yang berlangsung di Aula Kantor Kepala Desa Bulian.

Sosialisasi GSI perlu dilakukan untuk mengurangi Angka Kematian Ibu ( AKI ) karena hamil, bersalin, nias dan bayi.

GSI sendiri merupakan suatu gerakan masyarakat, perempuan ( sebagai sumber daya manusia ) melalui kegiatan yang mempunyai dampak terhadap upaya penurunan AKI dalam rangka meningkatkan SDM. Yang dilaksanakan secara bersama - sama antara pemerintah dan masyarakat, untuk lebih meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kepedulian terhadap ibu hamil, nipas , bersalin dan bayi.

Melalui GSI juga menyadarkan masyarakat akan pentingnya memahami 3T yang menyebabkan kematian ibu karena hamil, melahirkan dan nifas yaitu :

  1. Terlambat Satu :

Terlambat untuk memutuskan dan mencari pertolongan baik secara individu maupun keluarga atau keduanya. Faktor - Faktor yang mempengaruhi fase satu ini adalah terlambat mengenali bahaya kehamilan

2. Terlambat Dua :

Terlambat Mencapai fasilitas kesehatan faktor yang mempengaruhi fase dua ini antara lain kondisi geografis dan biaya transportasi

3. terlambat Tiga :

Terlambat mendapat Pelayanan akurat di fasilitas pelayanan kesehatan, faktor yang mempengaruhi fase tiga ini antara lain kelengkapan sarana rumah sakit, ketersediaan obat dan tenaga kesehatan yang terlatih.

Wayan  Ngarsa selaku narasumber sosialisasi juga menambahkan betapa pentingnya peran seorang suami dalam hal ini, yaitu berupa kasih sayang dan perhatian yang terus diberikan terhadap istri baik yang sedang hamil, melahirkan dan saat masa nifas. Kasih sayang bisa diungkapkan dengan tindakan - tindakan nyata seperti menemani istri periksa kehamilan, mengelus perut istri yang hamil dan lain - lain. 

"Begitu juga dengan istri, harus selalu bisa merawat diri biar suami semakin betah suaminya di rumah " lanjut Pak Wayan dan dibarengi tawa para peserta. Selain menekankan peran suami dalam gerakan ini, Pak Wayan juga memberikan penjelasan menyayangi Bayi/Anak

"Kita sebagai orang tua harus bisa memberi dan mengarahkan anak kita ke hal yang baik dan positif, untuk mencetak generasi yang berkualitas "

Sosialisasi ini dihadiri oleh Bidan Desa, PLKB, Perbekel, TP PKK, Kepala Dusun,adik KKN dan acara ditutup dengan foto bersama.

Komentar atas Dinas Pengendalian Penduduk Adakan Gerakan Sayang Ibu & Bayi ( GSI - B )

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bulian

tampilkan dalam peta lebih besar