Terbitnya SK Bulian Sebagai Desa Wisata

Kadek Gita Anggarini 20 Agustus 2019 11:49:08 WITA

Pariwisata Bali yang semakin lama semakin banyak memiliki pengunjung kini terus membenahi diri untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Kini, Pemprov Bali semakin serius menggarap rencana untuk membangun 100 Desa Wisata Bali yang sudah mulai digalakan sejak tahun 2013. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Anak Agung Gede Yuniartha, mengatakan jika masyarakat desa yang menjadi proyek industri wisata ini harus paham apa yang harus mereka lakukan dan pertahankan dari daya tari seni, budaya dan lingkungan yang menjadi magnet bagi wisatawan nusantara dan mancanegara, termasuk pantainya. Rencananya,100 Desa wisata Bali ini akan segera direalisasikan di tahun 2018 dan akan terus dikembangkan untuk manggaet wisatawan agar terus menggunjungi Bali.

Desa Wisata merupakan salah satu destinasi baru wisatawan dalam dan luar negeri. Trend kebutuhan wisatawan nusantara milenial yang jumlahnya diperkirakan lebih dari 100 juta orang adalah menginap yang bukan hotel biasa, seperti penginapan di desa, yang dekat dengan alam, bernuansa alam, menyatu dengan lingkungan, adat, budaya masyarakat lokal, yang kebanyakan lokasinya ada di desa.

Bali memang harus menggali potensi masing - masing desa dari segi lingkungan, adat , budaya dan sosial untuk bisa dikembangkan sebagai desa wisata, karena masing - masing Desa memiliki keunikan dan potensi yang bisa dikembangkan. Berkaitan dengan hal itu maka, pada tahun 2015, Desa Bulian mengajukan untuk menjadi Desa Wisata dengan jenis wisata Desa Tua ke Dinas Pariwisata Provinsi Bali dan akhirnya tahun ini SK Bulian sebagai Desa Wisata sudah  diterbitkan.

8 Agustus 2019, Dinas Pariwisata provinsi Bali Bd Tujuan Pariwisata berkunjung dan berkoordinasi sehubungan terbitnya SK Bulian sebagai daerah Wisata dan berkoordinasi potensi apa yang harus ditonjolkan juga keseriusan untuk mengelola Desa dengan baik, dari segi informasi, infrastruktur, teknologi, dan pemasaran. Pelatihan dan pendidikan untuk SDM agar siap dan terlatih dalam mengelola desa wisata perlu dilakukan secara berkesinambungan.

 

 

 

 

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bulian

tampilkan dalam peta lebih besar