PEMERDAYAAN IBU PKK MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN KUE

Kadek Gita Anggarini 11 Juni 2019 12:22:38 WITA

Bulian,11 Juni 2019

Pemerintah Desa Bulian bersama ibu PKK Desa Bulian dan dibantu 2 pelatih melakukan praktik pembuatan kue yang khusus untuk persembahyangan. Acara diawali pembukaan dari Bapak Kasi Pelayanan,seperti yang disampaikan Bapak Kas Pelayanan menjabarkan dana yang digunakan dalam kegiatan ini bersumber dari Dana PAD dan berharap pelatihan ini bermanfaat untuk kedepannya.

Kue yang dibuat ada 2 jenis yaitu Jaje Uli dan Kue Bolu Kukus. Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah mengingat kita yang beragama Hindu memiliki hari - hari suci yang banyak setiap harinya seperti pembuatan banten soda yang memerlukan kue - kue. Maka dari itu diharapkan bisa meningkatkan kemandirian dan atau bisa meningkatkan ekonomi keluarga. Para peserta terlihat sangat antusias, setiap pelatih memberikan pelajaran praktek cara pembuatan kue yang baik dan benar.

Pelatihan dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama Pelatihan khusus pembuatan Jaje Uli. Ibu Pelatih menjelaskan komposisi bahan yang tepat, cara mengadonkan bahan, cara menumbuk, dan menjelaskan cara memotong jaje uli yang baik dan benar. Sesi ke 2 lanjut cara pembuatan Kue Bolu kukus,sama halnya dengan Ibu Pelatih jaje uli, Ibu pelatih Kue Bolu menjelaskan setiap langkah - langkah dan komposisi bahan yang tepat agar mendaptkan Kue Bolu yang enak dan empuk.

Banyaknya jenis kue yang dipakai saat persembahyangan, menjadi perhatian bapak Kasi Pelayanan dan Ibu Mekel Desa Bulian, walaupun kue - kue tersebut bisa didapatkan dengan mudah di warung - warung terdekat tapi harus tetap dilestarikan agar tidak punah,mengingat membuat kue - kue untuk sembahyang adalah sebuah tradisi tersendiri untuk wanita - wanita hindu.

Pelatihan ini dilakukan 2 hari, dimulai dari tanggal 31 Mei - 1 Juni 2019 dan diikuti 25 orang peserta. Dihari terakhir pelatihan para ibu - ibu membagikan hasil praktik pembuatan kue Bolu dan Jaje Uli dan foto bersama untuk menjadi dokumentasi.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bulian

tampilkan dalam peta lebih besar