Temuan Belasan Patung Gegerkan Masyarakat Desa Bulian

Administrator 14 Juni 2018 08:38:03 WITA

TEMUAN BELASAN PATUNG KAYU GEGERKAN DESA BULIAN SINGARAJA

Masyarakat Desa Bulian, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng digegerkan dengan temuan 17 patung di tempat pemrosesan sampah terpadu (TPST), persisnya terletak di Banjar Dauh Margi, Desa setempat. Konon, belasan patung kayu berbentuk manusia laki-laki dibalut kain lengkap dengan rerajahan (tulisan aksara bali) diketahui keberadaannya pertama kali oleh salah seorang pekerja di TPST, pada selasa (12/6) malam.

Kabar penemuan benda dipercaya memiliki nilai sakral itupun dengan cepat menyebar ke masyarakat. Tak pelak, sejumlah warga diliputi rasa penasaran berbondong-bondong mendatangi lokasi penemuan patung tersebut.

Perbekel Desa Bulian, I Made Pawitra saat dikonfirmasi membenarkan adanya temuan patung kayu di TPST desa setempat. Pawitra menjelaskan, bahwa patung kayu berjumlah 17 unit berbentuk manusia laki-laki itu memng milik pemerintah Desa Bulian.

Patung kayu, sebut Pawitra sejatinya berjumlah 29, merupakan hasil karya mahasiswa Undiksha Singaraja sekitar tahun 2011 lalu. "Dulunya patung itu diikutkan dalam pameran di Museum Neka, pameran selama sebulan. Ya, kalau tidak salah pamerannya tahun 2011, dan kami punya stand khusus. Mahasiswa seni Undiksha mengangkat potensi keunikan Desa Negak jumlahnya 29 sesuai petegakan Desa Pekraman Bulian namanya Kiwa Tengen (kiri kanan), jumlahnya dibagi 14-15," ungkap Perbekel Pawitra di konfirmasi melalui telepon seluler, rabu (13/6) sore.

Kapan patung kayu itu dibuang?
Perbekel Pawitra kembali menjelaskan, patung kayu dibuang sekitar 3 bulan lalu bersama dengan sejumlah kertas-kertas administrasi yang sudah tidak terpakai.

Sumber @balipuspanews #baliterkini #infobali #beritabali #infobuleleng

Komentar atas Temuan Belasan Patung Gegerkan Masyarakat Desa Bulian

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bulian

tampilkan dalam peta lebih besar