Sekilas Mengenai Tajen Jelema Serta Sejarah Tidak Adanya Prosesi Ngaben di Desa Bulian

unud 23 Agustus 2022 14:45:04 WITA

Tajen Jelema dan Prosesi Ngaben di Bulian


 

Desa daerah Bali Utara, merupakan tempat dimana raja-raja keturunan dinasti Warmadewa mengundurkan diri dan melakukan tapa brata. Salah satunya raja keturunan Warmadewa, yaitu Raja Sri Hyangning Hyang Adidewa mengundurkan diri ke Banyu Buah. Pada saat itu, tepi barat Desa Banyu Buah yang berbatasan dengan Desa Bengkala didirikan sebuah anak desa yang dinamakan Bulihan. Bulihan kemudian berkembang menjadi desa benteng (nama desa tersebut dari awal memang bernama Bulihan).


 

Tempat pertapaan di Banyu Buah – Bulihan terletak di sebuah hutan kecil yang sekarang disebut sebagai Pura Gede (pura gede sangat dihormati oleh seluruh masyarakat Bali Utara). Dimana setelahnya Raja Hyang Ning Hyang mangkat dan diperabukan abunya dan disemayamkan di Pura Bukit Sinunggal seperti raja lainnya. Raja-raja berikutnya pun bermukim dan bertapa di desa tersebut. Sejarah tersebut yang melatar belakangi rakyat di desa tidak berani melakukan upacara pembakaran mayat, karena asap yang mengepul akan mengganggu ketentraman Raja Pandita yang telah disemayamkan di Pura Bukit Sinunggal (untuk menunjukkan rasa hormat serta bakti mereka).


Desa Banyu Buah/Bulihan tidak pernah tunduk kepada kekuatan dari luar, termasuk pengaruh Majapahit dari Gelgel serta Klungkung. Desa ini pernah diserang oleh bajak laut Inggris, sebagaian desa tersebut dihancurkan, harta kekayaan dirampas, namun pendekar-pendekar Bulihan bertahan dengan gigih dan berhasil mengusir mereka meskipun memakan banyak korban. Beberapa puluh orang, bajak laut asing yang ditawan dikurung disuatu tempat dan satu per satu diadu kekuatan dengan sesama temannya, seperti sedang mengadu ayam. Latar belakang tersebut yang membuktikan bahwa pernah diadakan tajen jelema atau sabungan manusia di Desa Bulian.

 

Sumber : Potensi Desa Bulian (Mahasiswa KKN – U IKIP Negeri Singaraja (2002)

Komentar atas Sekilas Mengenai Tajen Jelema Serta Sejarah Tidak Adanya Prosesi Ngaben di Desa Bulian

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bulian

tampilkan dalam peta lebih besar